ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media
pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan yang valid, praktis, dan
efektif, guna peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Muara Sugihan
Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan
subjek penelitian siswa kelas X.2. Media
pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan berupa materi ajar, Lembar
Kerja Praktikum Siswa (LKPS), dan alat peraga ini dikembangkan melalui model
Rowntree, dengan menggunakan evaluasi formatif Tessmer. Prototype 1
dinyatakan sebagai desain yang sangat valid menurut expert review and
one-to-one evaluation, dengan hasil expert review untuk materi ajar
(4,75), LKPS (4,86), dan alat peraga (4,51), sedangkan one-to-one evaluation
(4,80). Prototype 2 sebagai desain yang praktis dan memiliki efek
potensial terhadap hasil belajar, ini terlihat dari rata-rata aktivitas
pembelajaran (76,25%), aktivitas praktikum (66,35%), keduanya aktif, sedangkan
rata-rata participant’s reactions dan participant’s learning
(4,20) sangat baik, hasil belajar siswa rata-rata (84,53) tinggi, di tahap small
group. Prototype 2 yang telah direvisi dinyatakan sebagai desain
yang efektif dari rata-rata aktivitas
pembelajaran (74,476%), aktivitas praktikum (79,12%), keduanya aktif, sedangkan
rata-rata participant’s reactions and participant’s learning (4,075)
baik, hasil belajar siswa berata-rata (76,65) tinggi, dengan rincian 7 siswa
atau 20% sangat tinggi, 12 siswa atau 34,29% tinggi, 10 siswa atau 28,57%
sedang, dan 6 siswa atau 17,14% yang rendah, sementara itu 0 siswa atau 0%
sangat rendah. Hasil angket, tanggapan siswa sangat baik, (83,60%) terhadap
media, dan (89,71%) terhadap proses, di tahap field test. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran praktikum fisika berbasis lingkungan
berupa materi ajar, Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS), dan alat peraga yang
peneliti kembangkan valid, praktis, dan efektif pada saat pembelajaran pokok
bahasan alat-alat optik.
kata
kunci: pengembangan, media pembelajaran praktikum, berbasis lingkungan, materi
ajar, Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS), alat peraga, hasil belajar.
[1] Penulis utama, dibimbing oleh penulis
lainnya: Tatang Suhery (Dekan FKIP Uneversitas Sriwijaya) dan Nyayu Khodijah
(Ketua Lembaga Penelitian IAINRaden Fatah Palembang).
Mantap, jadi penasaran dengan media pembelajarannya. Semoga semakin bertambah ahli fisika Indonesia.
BalasHapus